Apakah Peran Penting Emergency Shower di Laboratorium?

Apakah Peran Penting Emergency Shower di Laboratorium?

Definisi dan Fungsi Kerja Emergency Shower

            Paparan bahan kimia yang tidak disengaja masih dapat terjadi pada saat melakukan pekerjaan di laboratorium maupun di tempat-tempat yang menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya. Pada tahun 2010 terdapat sekitar 15.000 pekerja di Amerika Serikat yang terkena paparan bahan kimia, dan sebanyak 4.000 pekerja mengalami paparan bahan kimia di area mata. Banyaknya jumlah pekerja yang mengalami paparan bahan kimia inilah yang menyebabkan lembaga Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA) menetapkan persyaratan bahwa “dimana mata atau tubuh seseorang dapat terpapar bahan korosif yang berbahaya, fasilitas yang sesuai untuk membasahi atau membilas mata dan tubuh dengan cepat harus disediakan di dalam area kerja untuk penggunaan darurat segera”.

            Emergency shower merupakan sebuah perangkat yang secara khusus dirancang sebagai alat pertolongan pertama untuk memberikan cairan pembilas (air) yang dapat digunakan pada saat mata / tubuh / wajah pekerja mengalami paparan bahan kimia. Emergency shower ditempatkan di lokasi yang tepat supaya tidak hanya dapat meminimalkan terjadinya cedera, akan tetapi juga pemilihan, penempatan, pemeliharaan, dan penggunaan yang tepat. Penggunaan emergency shower ini dapat mengurangi biaya cedera di tempat kerja.

Penempatan Emergency Shower

            Agar peralatan emergency shower ini efektif digunakan, maka harus ditempatkan di lokasi yang mudah diakses. ANSI merekomendasikan agar seeseorang dapat mencapai peralatan tidak lebih dari 10 detik. Dalam istilah praktis, pertimbangkan bahwa orang yang membutuhkan peralatan akan terluka, dan mungkin tidak dapat menggunakan penglihatannya. ANSI mencatat bahwa rata-rata orang dapat berjalan hingga 16 hingga 17 meter (55 kaki) dalam 10 detik, tetapi ini tidak memperhitungkan keadaan fisik dan emosional orang tersebut dalam keadaan darurat.

            Lokasi setiap emergency shower harus diidentifikasi dengan tanda yang sangat terlihat. Tanda harus dalam bentuk simbol yang tidak mengharuskan pekerja memiliki kemampuan bahasa untuk dapat memahaminya dan lokasi juga harus memiliki penerangan yang baik.

Rekomendasi lain dalam penempatan emergency shower adalah sebagai berikut :

  • ditempatkan sedekat mungkin dengan sumber bahaya

  • tidak dipisahkan oleh sekat dari area kerja berbahaya

  • berada di jalur yang tidak terhalang antara tempat kerja dan sumber bahaya (pekerja tidak boleh melewati pintu atau melewati mesin atau rintangan lain untuk mencapainya)

  • ditempatkan di tempat yang mudah dilihat oleh pekerja

  • tidak bersentuhan dengan peralatan listrik yang dapat membahayakan saat basah

            Berdasarkan penjelasan diatas mengenai emergency shower, fungsi kerja, beserta penempatannya, apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut terkait desain maupun material emergency shower yang kami tawarkan, anda dapat menghubungi kami di contact us.