Apa Saja Tipe-Tipe Sistem Emergency Shower?

Apa Saja Tipe-Tipe Sistem Emergency Shower?

 

 Tipe Sistem Emergency Shower

            Emergency shower memungkinkan pengguna untuk melakukan proses dekontaminasi akibat paparan bahan kimia di tempat yang telah disediakan, dan juga memungkinkan pengguna menyiram seluruh tubuh atau bagian tubuh tertentu akibat terkena paparan bahan kimia berbahaya. Emergency shower ini terbagi atas 3 tipe sistem, yaitu safety shower, eyewash and eye/facewash stations, serta tipe kombinasi.

 

            Safety Showers

            Safety showers ini juga dikenal dengan sebutan deluge showers yang memiliki fungsi untuk menyiram kepala atau seluruh tubuh pengguna menggunakan pancuran air yang mengalir. Safety shower ini tidak boleh digunakan untuk membilas mata dikarenakan laju atau tekanan air yang dimiliki safety shower ini tinggi sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Safety shower ini disediakan untuk dapat membersihkan bahan kimia berbahaya yang mengenai kulit. Volume air yang besar digunakan untuk dapat membersihkan tubuh atau kulit pengguna dari kontaminan bahan-bahan kimia berbahaya. Selain itu, safety shower ini juga dapat digunakan secara efektif untuk memadamkan kebakaran yang mungkin terjadi pada pakaian pengguna atau membersihkan kontaminan dari pakaian pengguna.

Eyewash and Eye/Facewash Stations

          Eyewash and eye/facewash stations terletak di laboratorium maupun tempat kerja yang berhubungan dengan penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya yang memiliki fungsi untuk menyiram mata maupun area wajah apabila terkena bahan kimia. Jika terjadi percikan bahan kimia berbahaya di area mata, maka aliran air harus disemprotkan ke area mata selama 15 menit sebelum dilakukannya pertolongan medis lebih lanjut. Aliran air harus diberikan ke kedua mata secara bersamaan dengan kecepatan yang cukup rendah agar tidak melukai mata.

Tipe Kombinasi

          Tipe kombinasi ini merupakan perpaduan antara safety shower dengan eyewash/facewash stations yang memiliki kemampuan untuk menyiram bagian manapun dari tubuh atau seluruh tubuh yang terpapar bahan kimia berbahaya. Tipe kombinasi ini merupakan tipe yang paling efektif dan efisien dalam penggunaannya karena dapat digunakan untuk seluruh tubuh dan sesuai digunakan untuk unit area kerja yang menggunakan berbagai jenis bahan kimia dengan sifat yang berbeda-beda. Tipe kombinasi ini juga berguna dalam situasi apabila terdapat kesulitan yang dialami pekerja setelah terpapar bahan kimia berbahaya dan tidak dapat mengikuti arahan yang benar karena rasa sakit hebat atau mengalami syok akibat cedera sehingga dapat dengan segera menggunakan tipe kombinasi ini sebagai pertolongan pertama ketika mengalami cedera

Berdasarkan penjelasan diatas mengenai tipe-tipe emergency shower, apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut terkait desain maupun material emergency shower yang kami tawarkan, anda dapat menghubungi kami di contact us.