Apa Itu Laminar Air Flow dan Apa Saja Bagian-Bagian yang Dimilikinya?

Apa Itu Laminar Air Flow dan Apa Saja Bagian-Bagian yang Dimilikinya?

Definisi dan Prinsip Kerja Laminar Air Flow (LAF)

          Laminar Air Flow (LAF) merupakan suatu tempat atau meja kerja steril laboratorium yang digunakan untuk melakukan kegiatan inokulasi atau penanaman mulai dari persiapan bahan, proses inokulasi atau penanaman hingga pemindahan jaringan/bahan dari satu tempat ke tempat yang lain dalam satu kultur. Prinsip kerja Laminar Air Flow (LAF) ini yaitu dengan cara meniupkan udara steril secara kontinu melewati tempat kerja sehingga tempat kerja bebas dari debu maupun jamur yang mungkin ditimbulkan selama kegiatan penanaman sedang berlangsung. Aliran udara pada Laminar Air Flow (LAF) berasal dari udara ruangan yang ditarik ke dalam alat melalui filter pertama (pre-filter) yang kemudian ditiupkan keluar melalui filter yang sangat halus atau yang biasa disebut HEPA (High Efficiency Particulate Air Filter) dengan menggunakan blower.

Jenis dan Struktur Laminar Air Flow (LAF)

          Laminar Air Flow (LAF) ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu vertikal LAF dan juga horizontal LAF. Struktur Laminar Air Flow (LAF) adalah berbentuk kubus dan dilengkapi dengan sistem pengaturan dan filtrasi (penyaringan). LAF ini dilengkapi dengan beberapa tombol yang terletak pada touch screen control system, antara lain tombol lampu (TL), tombol lampu ultraviolet (TLV), tombol blower dan speedometer yang berfungsi sebagai pengatur/pengukur tekanan pada saat LAF ini digunakan.

 Bagian-bagian dari LAF ini meliputi :

  • Kerangka/badan LAF yang dapat terbuat dari bahan electro-galvanized steel dengan ketebalan 1,2 mm yang dapat dilapisi dengan bahan polyester.

  • Blower yang berfungsi sebagai pengering dan sebagai pengatur aliran udara.

  • Baffle yang berfungsi untuk menjaga kestabilan udara pada LAF sehingga meminimalisir terjadinya turbulensi.

  • Pre-filter yang berfungsi sebagai tahap pertama proses penyaringan dengan cara memfilter dari berbagai benda benda yang tergolong dalam benda yang berukuran kasar seperti debu.

  • Filter HEPA yang mampu menangkap 99,97% partikel dengan diameter 0,3 µm dan 99,99% partikel dengan ukuran lebih besar atau lebih kecil yang berguna untuk menyaring kembali hasil penyaringan dari pre-filter sehingga membuat tingkat strerilisasi meningkat.

  • Ruang kerja yang merupakan tempat melakukan inokulasi atau penanaman.

Berdasarkan penjelasan mengenai definisi dan bagian-bagian yang dimiliki oleh laminar air flow diatas, apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut terkait desain maupun material laminar air flow yang kami tawarkan, anda dapat menghubungi kami di contact us.