Tahukah Anda Tentang Fume Hood atau Lemari Asam? Bagaimana Prinsip Kerja dan Bagian-Bagian Apa Saja yang Dimilikinya?

Tahukah Anda Tentang Fume Hood atau Lemari Asam? Bagaimana Prinsip Kerja dan Bagian-Bagian Apa Saja yang Dimilikinya?

 

Definisi dan Fungsi Fume Hood

            Fume hood atau lemari asam merupakan sebuah furnitur laboratorium yang memiliki struktur seperti kotak dengan satu sisi terbuka atau sebagian terbuka. Fungsi dari fume hood adalah untuk mengurangi dan mengeluarkan gas-gas berbahaya, debu, kabut, maupun aerosol yang dihasilkan dari penggunaan bahan-bahan kimia di dalam fume hood agar tidak terakumulasi di dalam ruangan atau laboratorium. Selain itu, fume hood juga berfungsi sebagai penghalang fisik antara reaksi bahan kimia dengan pengguna fume hood, perlindungan terhadap terhirupnya gas-gas berbahaya, tumpahan bahan kimia, hingga perlindungan terhadap kebakaran.

Prinsip Kerja Fume Hood

            Prinsip kerja fume hood adalah menarik semua gas, debu, kabut dan aerosol yang dihasilkan oleh penggunaan bahan-bahan kimia untuk diserap dengan filter dan kemudian dikeluarkan oleh blower. Fume hood akan mempertahankan tekanan yang relatif negatif untuk mencegah kontaminan keluar sambil menarik udara masuk melalui lubang fume hood dengan kecepatan yang konsisten. Kecepatan penarikan udara masuk ke dalam fume hood ini sangat penting dalam pengoperasian fume hood yang aman dan efektif. Kecepatan penarikan udara yang disarankan antara 0,3 m/s (60 fpm) dan 0,5 m/s (100 fpm). Gas-gas yang telah dikeluarkan oleh blower tersebut akan diencerkan berkali-kali di atmosfer sehingga memiliki efek yang dapat diabaikan pada kesehatan manusia.

 

Jenis-Jenis Fume Hood

            Terdapat 2 jenis fume hood yaitu Ducted fume hood dan Ductless fume hood. Ducted fume hood adalah jenis fume hood yang banyak digunakan di laboratorium, fume hood jenis ini bisa langsung dipasang di ruangan laboratorium dengan melubangi dinding laboratorium untuk pemasangan ducting (saluran udara buangan) dan juga scrubber. Sedangkan Ductless fume hood adalah jenis fume hood portable yang dilengkapi dengan filter, karena tidak memiliki ducting sehingga fume hood jenis ini dapat dengan mudah dipindahkan sesuai dengan kebutuhan.

 Bagian-Bagian Fume Hood

            Fume hood terdiri atas beberapa bagian yaitu fume hood body, baffles, sash door, airfoil, meja kerja, dan juga exhaust.

  • Fume hood body merupakan bagian badan atau kerangka dari fume hood yang terbuat dari berbagai macam jenis material salah satunya terbuat dari Polypropylene (PP), sehingga tahan terhadap korosi dan abrasi.
  • Baffles merupakan partisi yang dapat dipindah-pindahkan yang berfungsi untuk menjaga keseragaman aliran udara di seluruh bukaan fume hood, sehingga dapat mengoptimalkan efisiensi penangkapan gas maupun udara.
  • Sash door merupakan sliding door atau pintu geser yang terdapat di bagian depan fume hood yang dapat dinaik turunkan sesuai dengan kebutuhan.
  • Airfoil merupakan bagian dari fume hood yang terletak di sepanjang tepi bawah dan samping yang berfungsi untuk mengalirkan udara ke dalam fume hood dan mencegah terjadinya turbulensi yang dapat mengakibatkan udara keluar dari fume hood.
  • Meja kerja atau work space terdapat di bagian dalam fume hood yang merupakan tempat pekerjaan dilakukan.

Exhaust merupakan bagian dari fume hood yang membantu dalam hal pendistribusian udara secara merata ke seluruh bagian dalam fume hood.

Berdasarkan penjelasan mengenai definisi, prinsip kerja, jenis-jenis, maupun bagian-bagian dari fume hood diatas, apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut terkait desain maupun material fume hood yang kami tawarkan, anda dapat menghubungi kami di contact us.