Tahukah Anda Apa Itu Biological Safety Cabinet dan Apa Saja Tipe-Tipenya?

Tahukah Anda Apa Itu Biological Safety Cabinet dan Apa Saja Tipe-Tipenya?

Definisi dan Fungsi Biological Safety Cabinet (BSC)

            Biological Safety Cabinet (BSC) merupakan sebuah furnitur laboratorium yang didesain khusus untuk melindungi personel laboratorium (operator), lingkungan laboratorium, maupun bahan penelitian dari paparan/kontaminasi yang ditimbulkan pada saat melakukan pekerjaan dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat menyebabkan infeksi. Biological Safety Cabinet (BSC) apabila digunakan dengan benar, telah terbukti sangat efektif dalam mengurangi infeksi yang didapat di laboratorium dan kontaminasi silang karena paparan aerosol.

Perkembangan dan Modifikasi Biological Safety Cabinet (BSC)

            Selama bertahun-tahun desain Biological Safety Cabinet (BSC) telah mengalami beberapa modifikasi. Perubahan besar adalah adanya penambahan filter udara partikulat efisiensi tinggi (HEPA) ke sistem pembuangan. Filter HEPA mampu menangkap 99,97% partikel dengan diameter 0,3 µm dan 99,99% partikel dengan ukuran lebih besar atau lebih kecil. Hal ini memungkinkan filter HEPA untuk secara efektif menjebak semua agen infeksius yang diketahui dan memastikan bahwa hanya udara buangan bebas mikroba yang dikeluarkan dari kabinet. Modifikasi desain kedua adalah mengarahkan udara yang difilter HEPA ke permukaan kerja, memberikan perlindungan material permukaan kerja dari terjadinya kontaminasi. Fitur ini sering disebut dengan product protection.

Tipe Biological Safety Cabinet (BSC)

           Biological Safety Cabinet (BSC) memiliki 3 kelas utama, yaitu kelas 1, kelas 2 dan juga kelas 3 yang dibedakan berdasarkan konstruksinya, kecepatan dan pola aliran udara, serta sistem pembuangannya.

Biological Safety Cabinet Kelas 1

           Biological Safety Cabinet kelas 1 memiliki desain yang mirip dengan fume hood atau lemari asam dengan aliran udara ke dalam melalui bukaan depan. Udara buangan dari BSC kelas 1 ini akan dilewatkan melalui filter HEPA yang dapat menjebak semua partikel dan kontaminan di udara, sehingga pada akhirnya udara bersih yang tidak terkontaminasi dikeluarkan dari kabinet. BSC kelas 1 ini dapat melindungi personel laboratorium (operator) dan lingkungan dari paparan bahan-bahan berbahaya akan tetapi BSC kelas 1 ini tidak mampu mencegah sampel yang sedang ditangani di dalam kabinet agar tidak bersentuhan dengan kontaminan yang ada di udara. Secara alami, ada kemungkinan kontaminasi silang yang dapat mempengaruhi konsistensi eksperimental atau dapat dikatakan bahwa bahan penelitian di dalam kabinet dapat terkontaminasi.

Biological Safety Cabinet Kelas 2

          Biological Safety Cabinet kelas 2 memiliki struktur yang hampir mirip seperti BSC kelas 1 yaitu memiliki aliran udara masuk yang bergerak ke dalam bagian kabinet. Akan tetapi, pada BSC kelas 2 ini tidak ada udara masuk tanpa filter yang memasuki zona kerja kabinet, sehingga produk di dalam zona kerja tidak terkontaminasi oleh udara luar. BSC kelas 2 ini memiliki aliran udara dengan filter HEPA laminar vertikal (searah) yang turun ke bawah dari bagian dalam kabinet. Inilah yang secara terus-menerus membersihkan bagian dalam kabinet dari kontaminan udara dan melindungi sampel maupun bahan penelitian di dalam kabinet dari kontaminasi.

Biological Safety Cabinet Kelas 3

                        Biological Safety Cabinet kelas 3 memberikan tingkat keamanan perlindungan yang lebih tinggi dari kelas 1 dan kelas 2. BSC kelas 3 biasanya terbuat dari konstruksi logam yang dirancang agar lebih kedap terhadap gas. Penggunaan BSC kelas 3 ini dilakukan dengan menggunakan lubang sarung tangan yang terdapat di bagian depan BSC ini. Pada semua BSC kelas 3, pasokan udara berfilter HEPA memberikan perlindungan produk dan mencegah kontaminasi silang pada sampel. Udara buangan biasanya disaring dan dibakar dengan HEPA. Sebagai alternatif, filtrasi HEPA ganda dengan dua filter secara seri dapat digunakan. BSC kelas 3 biasanya membuang udara kembali ke laboratorium, namun udara juga dapat dibuang melalui sistem saluran kerja khusus ke lingkungan eksternal. Ketika sistem saluran kerja khusus digunakan, BSC kelas 3 ini juga cocok untuk pekerjaan yang menggunakan bahan kimia beracun selain untuk proses mikrobiologis yang dilakukan.

Berdasarkan penjelasan mengenai definisi, perkembangan dan modifikasi, serta tipe-tipe dari biological safety cabinet diatas, apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut terkait desain maupun material biological safety cabinet yang kami tawarkan, anda dapat menghubungi kami di contact us.