Bagaimana Cara Menguji Performa Fume Hood atau Lemari Asam yang Kita Miliki?

Bagaimana Cara Menguji Performa Fume Hood atau Lemari Asam yang Kita Miliki?

 

Uji Performansi Fume Hood

          Uji performansi fume hood dilakukan menggunakan acuan metode dari standar ANSI/ASHRAE 110-1995  “Metode Pengujian Kinerja Lemari Asam Laboratorium” yang memberikan evaluasi baik secara kualitatif (flow visualization test), maupun secara kuantitatif (face velocity measurement).

Flow Visualization Test

          Flow visualization test dilakukan untuk memvisualisasikan kemampuan fume hood untuk menampung gas/uap dan juga untuk mengamati kinerja fume hood yang digunakan. Peralatan yang digunakan dalam flow visualization test adalah controllable source of visible smoke, timer atau stopwatch, buku catatan untuk merekam pengamatan yang dilakukan.

          Dalam flow visualization test ini diharapkan semua udara dapat mengalir ke bagian belakang dari fume hood untuk kemudian dapat masuk ke dalam bagian exhaust. Semua pergerakan udara menuju bagian depan fume hood dapat diartikan sebagai negative airflow dan setiap kurangnya pergerakan yang terjadi dapat diartikan sebagai dead air space. Apabila selama dilakukannya pengujian ini terdapat aliran udara yang keluar dari bagian depan fume hood maka dapat dikatakan fume hood tersebut gagal dalam uji yang dilakukan dan serangkaian proses pengujian dapat dihentikan. Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam flow visualization test adalah sebagai berikut (semua pola aliran udara yang terjadi harus dicatat) :

  • Bottom Air Bypass Air Foil – jalankan smoke dibawah foil udara. Smoke harus dapat dikeluarkan melalui exhaust dengan dengan perlahan.

  • Dinding dan bagian permukaan fume hood – lepaskan aliran smoke di sepanjang dinding dan permukaan fume hood sejajar dengan bagian depan fume hood dan 150 mm di belakang bagian depan fume hood dan sepanjang bagian atas bukaan depan fume hood.

  • Bagian belakang fume hood – lepaskan smoke dalam lingkaran berdiameter 200 mm di bagian belakang fume hood.

  • Bagian atas fume hood – lepaskan smoke di bagian atas fume hood dan amati pola aliran udara yang terjadi.

  • Peralatan di dalam fume hood – lepaskan smoke di sekitar peralatan apapun yang terdapat di dalam fume hood.

Face Velocity Measurements

        Face velocity measurements dilakukan untuk mengukur secara kuantitatif kecepatan udara di permukaan fume hood. Peralatan yang digunakan dalam face velocity measurements adalah anemometer baik mekanik maupun elektrik yang telah dikalibrasi sebelumnya dengan rentang pengukuran 50 hingga 400 fpm (0,25 m/s hingga 2,0 m/s) dengan akurasi pembacaan ± 5%, dan juga buku catatan untuk merekam data yang diperoleh.

         Kecepatan udara minimum yang dapat diterima untuk setiap permukaan fume hood adalah 100 lfm. Apabila fume hood tidak memenuhi batas kecepatan udara yang telah ditentukan maka dapat dikatakan fume hood tersebut gagal dalam pengujian yang dilakukan dan serangkaian proses pengujian dapat dihentikan.

 Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam face velocity measurement adalah sebagai berikut :

  • Bagi bagian bukaan fume hood menjadi beberapa bagian kisi-kisi imajiner sebesar 1,0 ft2 dengan jarak yang sama.

  • Pengukuran kecepatan udara harus dilakukan dengan anemometer yang telah dikalibrasi sebelumnya dan dipasang di tengah setiap permukaan dengan anemometer dipegang pada bidang dan sejajar dengan pintu geser atau sash door (jika aliran udara tidak tegak lurus dengan bidang bukaan jendela, maka anemometer harus dipegang tegak lurus dengan aliran udara).

  • Pengukuran kecepatan harus diintegrasikan setidaknya selama 5 detik. Apabila anemometer yang digunakan dapat melakukan pembacaan secara spontan maka pembacaan setidaknya dilakukan 4 kali di setiap titik.

  • Hitung rata-rata pengukuran kecepatan yang diperoleh, catat perolehan maksimum dan minimum juga.

Bandingkan kecepatan pengukuran yang diperoleh dengan spesifikasi pabrikan.            

Berdasarkan penjelasan mengenai langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam uji performansi fume hood atau lemari asam diatas, apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut terkait desain maupun material fume hood yang kami tawarkan, anda dapat menghubungi kami di contact us.