Acid Gas Scrubber : bagian-bagian dan pinsip kerjanya

Acid Gas Scrubber : bagian bagian dan prinsip kerjanya

Spray Tower Diagram

Dalam proses Wet Scrubber, partikel cair atau padat dihilangkan dari aliran gas dengan memindahkannya ke cairan. Cairan yang paling umum digunakan adalah air. Efisiensi pengumpulan partikulat Wet Scrubber secara langsung berkaitan dengan jumlah energi yang dikeluarkan dalam menghubungi aliran gas dengan cairan scrubber. Sebagian besar sistem Wet Scrubber beroperasi dengan efisiensi pengumpulan partikel lebih dari 95 persen. Wet Scrubber juga dapat digunakan untuk menghilangkan gas asam.

Ketika digunakan untuk mengendalikan gas anorganik, sering kali juga disebut sebagai “Acid Gas Scrubber.” Ketika digunakan secara spesifik untuk mengontrol sulfur dioksida (SO2), istilah flue-gas desulfurization (FGD) juga dapat digunakan.

Spray Tower Scrubber merupakan Wet Scrubber paling sederhana yang digunakan untuk kontrol partikulat dan gas anorganik. Scrubber ini terdiri dari vessel terbuka dengan satu atau lebih nozel semprot untuk mendistribusikan cairan scrubbing. Biasanya, aliran gas memasuki bagian bawah dan melewati semprotan ke atas. Partikel-partikel dikumpulkan ketika mereka bertabrakan dengan tetesan. Proses ini disebut sebagai proses arus balik (counter-current). Spray Tower  juga dapat dioperasikan dalam pengaturan arus melintang (cross-current). Pada scrubber cross-current, aliran gas bersifat horizontal dan semprotan cairan mengalir ke bawah. Spray Tower cross-current biasanya tidak seefisien unit counter-current.

Pada desain Wet Scrubber digunakan mist eliminator untuk menghilangkan tetesan yang terperangkap. Proses kontak aliran gas dan cairan menghasilkan tetesan yang terperangkap, yang mengandung kontaminan atau partikel. Mist Eliminator yang paling umum adalah chevron, mesh pad, dan cyclones. Chevron hanyalah zig-zag baffle yang menyebabkan aliran gas berputar beberapa kali saat melewati mist eliminator. Tetesan cairan dikumpulkan di bilah chevron dan mengalir kembali ke scrubber. Mesh pad terbuat dari serat interlaced yang berfungsi sebagai area pengumpulan. Cyclones biasanya digunakan untuk tetesan kecil yang dihasilkan dalam venturi scrubber. Aliran gas yang keluar dari venturi memasuki bagian bawah silinder vertikal secara tangensial. Tetesan dihilangkan dengan gaya sentrifugal saat aliran gas berputar ke atas ke outlet.